Batik Indonesia : Batik Semen Romo, Latar Beras Wutah

0 152

Ornamen dalam Batik Semen Romo dengan latar belakang beras wutah (beras tumpah). Pohon hayat simbol pemberi kemakmuran, Meru simbol keadilan dan ketegasan, Garuda simbol matahari pemberi kehidupan, binatang simbol kegembiraan, burung simbol watak luhur, bintang/istana simbol sentosa dan sejahtera, lautan simbol kelapangan hati dan kewaspadaan, serta lidah api simbol kesaktian/kekuatan memberantas musuh

Dimaknai sebagai penggambaran dari kehidupan yang semi (kehidupan yang berkembang atau makmur). Kata “Semen” berasal dari kata semi yang memiliki arti tumbuhnya bagian dari tanaman. Dengan demikian pada motif Semen Romo selalu terdapat ornamen yang menggambarkan tumbuhan atau tanaman. Ada juga yang mengaitkan kalau motif ini ada hubungannya dengan cerita Ramayana. Terdapat beberapa jenis ornamen pokok pada motif-motif semen.

Yang pertama adalah ornamen yang berhubungan dengan daratan, seperti tumbuh-tumbuhan atau binatang berkaki empat. Kedua adalah ornamen yang berhubungan dengan udara, seperti garuda, burung dan megamendung. Sedangkan yang ketiga adalah ornamen yang berhubungan dengan laut atau air, seperti ular, ikan dan katak. Jenis ornamen tersebut kemungkinan besar ada hubungannya dengan paham Triloka atau Tribawana. Paham tersebut adalah ajaran tentang adanya tiga dunia yaitu dunia tengah tempat manusia hidup, dunia atas tempat para dewa dan para suci, serta dunia bawah tempat orang yang jalan hidupnya tidak benar atau dipenuhi angkara.

Source instagram.com instagram.com/p/70OXNWo6do/?hl=id&taken-by=bacabatik
Comments
Loading...