Batik Indonesia : Batik Remekan Khas Desa Bakaran, Pati

0 25

Desa Bakaran terletak dekat kota kecil Juwana, kabupaten Pati, Jawa Tengah. Untuk menuju kota Pati dapat ditempuh dengan jalan darat dari Semarang, ke arah timur melewati kota Demak dan Kudus. Perjalanan menempuh jarak kurang-lebih 82 km. Dari kota Pati, perjalanan dilanjutkan ke arah timur menuju kota Juwana yang berjarak kurang lebih 14 km. Desa Bakaran terkenal dengan batik khasnya yang tidak bisa ditemukan di daerah lain, yaitu Batik Bakaran.

Teknik unik yang digunakan dalam pembuatan batik Bakaran ini adalah dengan melakukan “peremukan” pada mori (kain batik) yang sudah digambar dengan malam (wax) sebelum dicelup warna. Malam yang pecah-pecah karena diremukkan menghasilkan motif abstrak berupa serabut-serabut halus sebagai latar belakang kain. Jika pada pembuatan batik di daerah lain, seperti di Yogya, Solo, Pekalongan, malam yang pecah-pecah ini dianggap sebagai proses yang gagal (biasa terjadi dalam proses pencelupan) – bagi batik Bakaran motif serabut halus yang dihasilkannya justru menjadi daya pikat utama.

Secara tradisional, batik dari desa Bakaran hanya menggunakan warna hitam, coklat dan putih. Tapi dalam perkembangannya, pembatik banyak menggunakan warna-warna (terutama warna-warna primer) untuk batik mereka. Pembatik di desa Bakaran menjaga tradisi mereka untuk hanya menggunakan teknik canting (batik tulis) untuk membuat bati mereka. Tidak pernah menggunakan cap, apalagi dengan menggunakan teknik print.

Source Kepulauan Batik kepulauanbatik.com/2016/01/23/batik-remekan-khas-desa-bakaran
Comments
Loading...