Batik Indonesia : Batik pada Zaman Kerajaan Majapahit

0 29

Batik Majapahit memiliki banyak corak dan motif. Selain Surya Majapahit, yang notabene simbol kerajaan Majapahit, ada motif buah Maja. Konon, buah Maja inilah yang membuat raja pertama kerajaan Hindu terbesar di Asia Tenggara ini, Raden Wijaya, memberi nama wilayah tersebut Majapahit. Dan mungkin juga masih menjadi pertanyaan bagaimana warna dan bentuk motif yang ada dalam batik Majapahit. apakah seperti yang kita lihat dalam film-film kolosal yang menceritakan tentang Kerajaan Majapahit?

Berdasarkan pengamatan, Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindhu terbesar di Asia Tenggara saat itu, dan banyak sekali perdagangan maupun hubungan dengan para pedagang Hindu yang berasal dari India dan sekitarnya. Dan melihat dari sejarah itu, motif klasik yang merupakan pengaruh dari India adalah motif geometris, yang merupakan motif pengulangan dan berbentuk abstrak. Seperti simbol-simbol yang melambangkan keadaan saat itu.

Source indonesianbatik.idhttp://indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/09/23/adakah-budaya-batik-pada-zaman-kerajaan-majapahit
Comments
Loading...