Batik Indonesia : Batik Naga Cina, Makna Tersendiri

0 41

Sering kita Jumpai batik dengan motif Naga dalam Peradaban cina naga ini mempunyai nilai dan makna tersendiri Naga Cina disebut Long dalam bahasa Mandarin, dan Liong dalam dialek Hokian. Ia mulai dikenal sejak kira-kira 3.000 tahun yang lalu. Penampilannya berbeda dengan Naga Jawa yang seperti ular bermahkota, dengan Naga Eropa yang mirip dinosaurus bersayap dan dengan Naga India yang sering digambarkan mirip ular kobra. Naga Cina ada bermacam-macam jenisnya.

Yang paling dikenal adalah yang hijau kebiruan. Kepalanya dikatakan seperti kepala kuda atau unta, tetapi bermisai. Giginya runcing seperti gigi harimau, tanduknya seperti milik rusa jantan raksasa, sedangkan matanya seperti mata kelinci. Ada pula yang menyatakan matanya seperti mata setan. Daun telinganya seperti milik lembu jantan. Tubuhnya panjang seperti ular, ditutupi 117 sisik yang bentuknya seperti sisik ikan emas. Keempat kakinya memiliki cakar seperti elang.

Cakarnya bisa lima, empat atau tiga. Soal cakar ini tidak boleh sembarangan. Naga adalah lambang kaisar Cina. Cuma naga kekaisaran yang boleh memiliki lima cakar. Pakaian pembesar di bawah kaisar cuma boleh dihias dengan naga bercakar empat. Naga bercakar tiga adalah milik orangorang yang berkedudukan sosial lebih rendah lagi. Naga yang berpenampilan demikian dikenal pula di jepang, Korea dan di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Punya tujuh cakar.

Source batik.or.id batik.or.id/arti-naga-cina-dalam-ragam-hias-batik
Comments
Loading...