Batik Indonesia : Batik Motif Sido Luhur, Pengaruh

0 57

Meskipun tidak sepopuler kedua saudaranya Motif Sido Mukti, motif Sido Luhur merupakan buatan Nyi Ageng Henis, istri dari Ki Ageng Henis yang membesarkan kampung Batik Laweyan. Yang sudah kita bahas mengenai keislaman beliau di artikel kemarin. Selain Motif terkenal Udan Liris yang juga buatan Ki Ageng Henis, motif Sido Luhur menjadi sebuah maha karya yang sampai sekarang masih bisa kita temukan di zaman modern ini. Dan seperti kita tahu, Ki Ageng Henis adalah seorang yang beragama Islam dan sekaligus murid Sunan Kalijaga.

Yang unik adalah, penciptaan motif batik sidoluhur yang menuntut pencipta awalnya untuk menahan nafas berlama-lama. Menurut seorang pengamat budaya Jawa, Winarso Kalinggo, motif itu kemudian dimanifestasikan ke selembar kain (dicanting) oleh Nyi Ageng Henis. Nyi Ageng sendiri adalah seorang yang mempunyai kesaktian. Ceritanya, Nyi Ageng selalu megeng (menahan) nafas dalam mencanting sampai habisnya lilin dalam canting tersebut. Hal itu dimaksudkan agar konsentrasi terjaga dan seluruh doa dan harapan dapat tercurah secara penuh ke kain batik tersebut.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/05/20/edisi-ramadhan-5-batik-motif-klasik-yang-mendapatkan-pengaruh-islam
Comments
Loading...