Batik Indonesia : Batik Motif Kawung Ceplok Mangkoro

0 9

Batik tulis ini bermotif Kawung Ceplok Mangkoro. Motif mahkota (Mangkoro dalam bahasa Jawa) menjadi simbol dari harapan akan keagungan dan ketinggian martabat. Motif Kawung sendiri termasuk ragam hias paling kuno, yang sudah terlihat di banyak arca candi di Indonesia sejak hampir 800 tahun lalu. Istilah kawung berasal dari bunga pohon aren atau kolang – kaling, yang ditata secara geometris beraturan empat – empat yang memusat di satu titik bulatan di tengah nya.

Keempat kawung ini dalam kebudayaan Jawa bermakna “sedulur papat limo pancer”, yang artinya empat saudara dengan yang kelima adalah pusatnya. Dalam konteks alam besar (makro kosmos), keempatnya mencerminkan empat arah mata angin dan kelimanya adalah diri manusia sebagai pusat kesadaran. Dalam konteks alam kecil (mikro kosmos), keempat kawung mencerminkan empat jenis nafsu yang ada bersama manusia (nafsu amarah, nafsu lawwamah, nafsu supiyah, dan nafsu muthmainah).

Yang kelima adalah diri ego manusia sehingga tercipta perpaduan antara makro kosmos dengan mikrokosmos. Mengenakan batik motif kawung ini diharapkan selalu ingat tentang asal – usul kehidupan. Dan berpadunya alam besar dan alam kecil ke dalam pribadi dan ego (keakuan).

Source Baca Batik instagram.com/p/__nBjio6SD/?taken-by=bacabatik
Comments
Loading...