Batik Indonesia : Batik Motif Baru Sido Luhur Sagotro

0 39

Nunggak semi, pangkal pokok dan semi berarti bertumbuh kembang. Sehingga motif baru tetap mampu menyimpan aura dan energi dari kebijaksanaan para leluhur yang sarat kekuatan serta kedalaman makna. Batik ini berhiaskan motif baru yang diberi nama

Sido Luhur Sagotro

oleh pengrajinnya. Motif dasarnya adalah batik Sido Luhur yang mengandung harapan agar pemakainya menjadi (sidho dalam bahasa Jawa) Luhur atau ketinggian budi. Ornamen yang biasanya muncul dalam batik Sido Luhur adalah Gurdo/Sawat sebagai simbol kekuatan dari Tuhan, burung sebagai simbol dunia atas yang penuh ketenangan dan kedamaian, Dan Pohon Hayat sebagai simbol dari sumber kehidupan. Dalam batik ini semua makna tersebut dijaga tetap ada, meski menggunakan ornamen yang berbeda sebagai upaya pengembangan baru.

Sawat digantikan dengan Sepasang sayap lengkap Gurdo, burung diganti dengan Peksi Rojo atau burung raja yaitu burung Jatayu, dan bunga menggantikan pohon hayat. Satu ornament baru yang disertakan adalah motif kotak-kotak hitam putih. Motif Ini memiliki akar yang jauh kepada simbol keseimbangan antara gelap terang baik buruk lembut kuat dst, yang juga dikenal sebagai prinsip Rwabhineda dlm kepercayaan Hindu. Secara keseluruhan, batik ini mengandung harapan dan doa agar pemakainya senantiasa diberi kekuatan dalam menjalani kehidupan dibawah bayang-bayang gelap dan terangnya cahaya kebaikan, dalam upayanya menjadi mulia dan luhur.

Source instagram.com instagram.com/p/BFtaBRHo6UA/?hl=id&taken-by=bacabatik
Comments
Loading...