Batik Indonesia : Batik Masterpiece Indonesia “Tiga Negeri”

0 21

Salah satu jenis masterpiece batik Indonesia adalah “Batik Tiga Negeri” yang terkenal bukan karena motifnya, tapi karena prosesnya. Jika membatik saja sudah membutuhkan ketekunan yang tinggi, batik Tiga Negeri diproses dengan kolaborasi pembatik-pembatik dari tiga daerah. Seperti namanya, batik Tiga Negeri memang diproses di tiga daerah yang berbeda, yaitu Lasem, Pekalongan dan Solo – yang pada jaman kolonial daerah-daerah tersebut merupakan wilayah otonomi yang disebut “Negeri”.

Dipercaya bahwa kandungan mineral air tanah yang berada di tiap daerah geografis yang berbeda, yang berpengaruh pada kualitas warna yang dihasilkan dalam proses pewarnaan batik. Batik Tiga Negeri memiliki 3 warna klasik, yaitu merah, biru indigo, dan coklat sogan – dan masing-masing warna diproduksi di daerah yang berbeda tersebut. Meski pada perkembangannya, kadang warna biru diganti dengan hijau, atau ungu – tetapi warna merah dan coklat sogan adalah warna yang biasanya selalu ada.

Proses pewarnaan di tiga negeri yang berbeda ini tidak hanya merupakan kolaborasi 3 aliran pembatik, tapi juga menggambarkan campuran tiga budaya dalam satu lembar kain batik – yaitu budaya Tionghoa, Belanda, dan Jawa. Daerah Lasem yang kebanyakan dihuni oleh orang Tionghoa memang terkenal dengan warna merah yang pekat yang dihasilkan dari tanaman mengkudu. Selanjutnya batik di bawa ke Pekalongan yang kental dengan pengaruh budaya Belanda pada batiknya.

Source kepulauanbatik.com kepulauanbatik.com/2016/01/25/batik-masterpiece-tiga-negeri
Comments
Loading...