Batik Indonesia : Batik Lasem dalam Catatan Sejarah

0 41

Lasem adalah sebuah kota kota kecamatan yang terletak di sebelah timur Rembang, Lasem mempunyai jejak sejarah yang sangat tua sehingga nama Lasem sangat populer di kalangan para sejarawan di Indonesia. Selain itu Lasem mempunyai banyak pusaka yang perlu di lestarika seperti Batik Lasem sendiri di perkirakan telah ada sejak abad ke 7 dimana banyak kalangan china dan juga pribumi telah menjalankan aktifitasnya membuat batik tulis yang di pasarkan ke beberapa negara di ASIA.

Dari waktu ke waktu batik lasem ini pernah mengalami kembang kempis akibat kesusahan dalam memasarkan produk hasil kerajinan batik lasem walaupun demikian para pengrajin batik lasem tetap konsisten dalam membuat produk kerajinan pusaka indonesia ini. Diantara pengrajin batik lasem yang masik exis sampai sekarang antara lain Batik Lasem Purnomo, Batik Lasem Sember Rejeki, Batik Lasem Sekar kencana, Batik Lasem Samudra Art dan Batik Lasem Pusaka Beruang.

Selain itu ada banyak pengrajin batik lasem yang baru baru yang tidak jauh semangatnya dalam memproduksi batik lasem seperti Batik Lasem Gayatri, dan Batik Lasem Rosyita yang beralamtkan di desa pandan Kec. Pancur. Sejak Pemerintah daerah memberi suport penuh kepada kerajinan batik tulis di daerah lasem maka batii lasem kembali bangkit dan mulai di kenal kembali di dunia baik dalam maupun manca.

Source batik.or.id batik.or.id/batik-lasem-dalam-catatan-sejarah
Comments
Loading...