Batik Indonesia : Batik Kontemporer Lereng Kembang

0 8

Batik ini jelas bukan batik klasik, dan memiliki pakem maupun karakter klasik, batik ini perkembangan terbaru dari motif-motif kontemporer, dan memang sudah semakin banyak motif-motif kontemporer yang menggunakan dominasi warna lebih dari satu. Memiliki motif lereng dengan kombinasi motif kontemporer juga membuat batik ini memiliki pesona tersendiri. seperti yang kalian lihat di gambar, lereng-lereng berisi motif bunga dan beberapa motif abstrak menghiasi batik tersebut.

Apabila kita lihat, hampir mirip dengan motif lereng khas Udan Liris, namun dengan motif yang lebih sedikit. Karena dalam motif udan liris, ada sekita 20-24 motif berbeda di setiap lerengnya. Sedangkan batik ini hanya memiliki 5-7 motif saja. Meskipun termasuk dalam batik kontemporer, namun pewarnaan alam masih menjadi ciri khas batik ini. oleh karena itu, warna yang dihasilkan adalah warna yang kalem dan tidak terlalu cerah, sehingga mata akan otomatis sejuk ketika melihatnya.

Motif batik lereng kembang ini tidak memiliki filosofi tertentu, namun dapat kita simpulkan dari motifnya bahwa ini merupakan kreatifitas dari pengrajin batik untuk menghasilkan sebuah karya yang menarik untuk digunakan sebagai bahan fashion. Dari warnanya juga tidak memiliki makna tersendiri, sama seperti motifnya, karena kebanyakan batik kontemporer tidak memberikan filosofi yang seharusnya diberikan kepada setiap batik. Warna merah, biru dan ungu dominan dan berkolaborasi warna.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/10/30/hidup-lebih-berwarna-dengan-batik-kontemporer-motif-lereng-kembang
Comments
Loading...