Batik Indonesia : Batik, Kaya dan Karya Tradisional

0 95

Batik Tulis Karya Tradisi Turun Temurun merupakan suatu karya cipta batik tidak pernah datang dari  satu orang saja. Di masa silam, ketika semua masih dibuat tangan, ada yang memetik kapas, memintalnya menjadi benang, lalu ada yang menenun benang menjadi lembaran kain. Lembaran kain kemudian diremdam bilas dengan ramuan tertentu sebagai persiapan. Dari sini, kain berpindah – pindah tangan pada suatu proses panjang dari menggambar pola, pencantingan, hingga pencelupan warna.

Urun tangan semakin panjang rangkaiannya ketika sebuah rancangan menuntut lebih ragam keahlian pada pengerjaan detailnya. Menutupi bagian – bagian kain dengan malam, untuk mengatur mana yang kena dan yang tidak kena warna pada pencelupan, adalah prinsip dasar membatik. Teknik bongkar – tutup malam (lilin) dan pencelupan bertingkat – tingkat di dalam tradisi pembatikan Jawa mencapai tingkat kerumitan yang diakui sebagai yang tercanggih di dunia.

Penggunaan canting, temuan asli masyarakat pembatik Jawa, memungkinkan pemindahan malam panas pada kain dengan sangat terkendali ukuran tipis – tebalnya. Alat ini memampukan para pembatik untuk menciptakan detail – detail yang luar biasa. Namun proses pembatikan tidak selesai hanya pada para pencanting.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/01/22/batik-kaya-dan-karya-tradisi-turun-temurun
Comments
Loading...