Batik Indonesia : Batik Indonesia Pusaka yang Mendunia

0 41

Sejak tahun 2009, setiap hari Jumat, Pemerintah menginstruksikan instansi pemerintah dan BUMN untuk mengenakan pakaian batik di kantor. Dalam pelaksanaannya, instansi swasta pun banyak yang menganjurkan penggunaan batik pada hari tersebut. Hal ini sebagai upaya menghargai batik sebagai warisan budaya Indonesia. Bahkan pemerintah menetapkan hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober. Peringatan itu sebagai hari ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Sejarah  pembatikan  di  Indonesia  berkaitan  dengan  perkembangan  kerajaan Majapahit dan kerajaan  sesudahnya.

Dalam  beberapa catatan, pengembangan batik  banyak  dilakukan  pada  masa-masa  kerajaan  Mataram,  kemudian  pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta. Kesenian  batik  merupakan  kesenian  gambar  di  atas  kain  untuk  pakaian  yang menjadi  salah  satu  kebudayaan  keluarga  raja-raja  Indonesia  zaman  dahulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian  raja  dan  keluarga  pengikutnya.

Source batik.or.id batik.or.id/batik-indonesia-pusaka-yang-mendunia
Comments
Loading...