Batik Indonesia : Batik Hias Motif Langka Laras Ndriyo

0 51

Batik tulis Ini berhiaskan motif langka Laras Ndriyo, yang termasuk motif langka bermakna sangat dalam. Motif Laras Ndriyo memuat pesan tentang keselarasan lima indera (panca indera) dengan indera keenam (Ndriyo) yaitu hati atau Qalbu. Kehadiran ornamen burung sebagai makhluk udara menjadi simbol dari dunia atas yang bersifat tenang. Ornamen Gurdo dengan sayap kembarnya merupakan gambaran dari burung Garuda dalam mitologi Jawa Kuno, yang menjadi simbol kekuatan dan daya hidup dari Tuhan.

Ornamen pegunungan merupakan simbol dari tataran tinggi tempat kediaman para dewa, yang menjadi simbol dari perjalanan mendaki menuju tingkat kesucian diri. Ornamen sulur yang dihiasi oleh dedaunan dan bunga menggambarkan kehidupan yang ditumbuhkan dari rasa welas asih. Rasa menyayangi seluruh makhluk dan alam sekitar yang dimunculkan ketika sudah tercapai keselarasan lima indera dengan hati. Dapatlah dikatakan bahwa batik Laras Ndriyo adalah “Batik Bumi”.

Yang menggambarkan upaya yang harus dijalankan oleh manusia untuk mencapai ketinggian derajatnya. Batik Ini seakan menjadi pasangan bagi Batik Wahyu Temurun sebagai “Batik Langit” yang menggambarkan turunnya anugerah Wahyu dari Tuhan kepada manusia.

Source instagram.com instagram.com/p/BG1SIRXI6W5/?hl=id&taken-by=bacabatik
Comments
Loading...