Warning: unlink(/tmp/c8143191f24458175d8ff5ae112b6929-fMhf3J.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/infobatik.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Batik Indonesia : Batik Garutan, Indah pada Warna

0 66

Kota Garut terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, dikelilingi deretan gunung Papandayan, Cikuray, Guntur, dan Karacak. Lokasinya yang permai menjadikan Garut tempat peristirahatan pilihan kalangan Belanda pada masa pendudukan. Zaman dahulu kala, pemerintah Belanda membangun jalur kereta api ke wilayah selatan pulau jawa, termasuk membangun stasiun Cibatu Garut bertujuan untuk mengangkut hasil perkebunan tanah pasundan yang melimpah.

Garut juga pernah menjadi wilayah penting sebagai pemasok logistik angkatan perang Kerajaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung dalam penyerangan ke Banten dan Batavia yang saat itu dikuasai VOC. Diduga pada masa inilah tradisi membatik di bumi pangirutan dimulai. Berdasarkan cara pembuatannya, batik garutan terbagi menjadi empat jenis yaitu batik tulis, batik cap, batik kombinasi tulis dan cap, dan batik lukis. Apabila batik tulis menggunakan canting pada proses penempelan lilinnya, maka pada proses pembuatan batik cap digunakan cap batik yang terbuat dari tembaga.

Sedangkan batik kombinasi tulis dan cap memadukan canting dan cap batik pada proses pembuatannya. Adapun pada pengerjaan batik lukis, batik ini menggunakan kuas dan alat-alat lukis lainnya dengan tetap menggunakan lilin sebagai media perintang warnanya.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/01/25/batik-garutan-indah-dalam-warna-cerah-dan-tegas
Comments
Loading...