Batik Indonesia : Batik DewaRaja, Esensi Ketuhanan

0 101

Pemandangan orang-orang berbusana batik sangat lumrah dilihat di negara Indonesia. Hal ini menjadi salah satu poin tersendiri dalam mengukur seberapa dekat warisan kebudayaan nusantara tersebut dengan masyarakatnya walaupun banyak dipengaruhi faktor perkembangan yang lebih modern dan mengglobal, termasuk mengenai produk fashion.

Secara teknis, terdapat banyak ragam motif batik. Tentu bukan merupakan tujuan utama untuk membuat banyak orang menjadi lebih hafal dengan ragam motif batik serta sejarah dan artinya, namun lebih mendasar lagi yaitu bagaimana memahami batik dalam sanubari yang dapat mencakup dimensi yang lebih mendalam dari sekadar estetika.

Era Soekamto membawanya dalam peragaan busana Iwan Tirta Private Collection yang bertema Batik Dewaraja untuk mengenalkan tentang esensi atau filosofi ketuhanan pada selembar kain batik. Jika kita merunut pada sejarah dari dewa raja yaitu suatu pemahaman yang menganggap bahwa seorang raja atau penguasa merupakan perwujudan dari dewa. Dalam pemahaman tersebut seorang raja dianggap sebagai titisan dewa tertentu. Maka setelah meninggal-pun raja yang tersebut akan dicandikan sesuai dengan dewa penitisnya. Sebenarnya yang menjadi tujuan utama konsep dewaraja tersebut yaitu mendapatkan suatu kepatuhan serta kesetiaan dari rakyatnya dimana perintah serta larangan raja sangat identik dengan perintah serta larangan dewa.

Source Batik batik-tulis.com/blog/batik-dewaraja
Comments
Loading...