Batik Indonesia : Batik dalam Modifikasi Motor Harley

0 29

Kyai Perkoso, sebuah motor Harley-Davidson Sportster 1.200cc tahun 2007. Memiliki relief batik di beberapa bagian  body sepeda motor tersebut. Tidak main-main, relief batik loh iniloh. Yang merupakan hasil karya insinyur-insinyur seni Jogjakarta yang berhasil memberikan sentuhan budaya Indonesia ke dalam motor keren tersebut. Torehan konsep relief yang berakar pada Back to Own Culture, telah sukses mengundang decak kagum tersendiri bagi para modifikator dunia saat ajang Cool Breaker 2010, di Yokohama, Jepang.

Citra dari tema Back to Own Culture yang tertuang di motor bernama Kyai Perkoso ini ternyata mengilhami sejumlah ukiran di kendaraan tersebut. Jadi ya wajar saja jika balutan ornamen yang melekat di motor tersebut bernuansa Jawa yang sangat kental. Seperti komposisi kerajinan dan kesenian khas Yogyakarta yaitu batik Jawa, kerajinan seni ukir dan kriya logam, yang dipadukan dengan komponen yang sengaja dibuat dari logam kuningan, terlihat sangat jelas dalam corak dan warna cat/painting dalam motor tersebut. Nama “Perkoso” itu sendiri memiliki arti kuat. Jadi tidak heran jika Harley ini selain memiliki power yang kuat, juga memiliki kekuatan budaya yang luar biasa mewah. Nama tersebut diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/05/12/keren-mewahnya-motif-batik-yang-dilukiskan-dalam-modifikasi-motor-harley-davidson
Comments
Loading...