Batik Indonesia : Batik Cabutan, Batik yang Diulang

0 30

Batik cabutan sendiri pada dasarnya adalah baik printing, namun, batik printing ini diproses lebih jauh dengan metode batik tulis. Tidak semuanya dicanting ulang, hanya beberapa bagian agar tidak terlihat kalau batik ini bukan merupakan hasil dari printing. Sedangkan menurut inforrmasi lain menyatakan batik ini merupakan batik yang diproses ulang dan istilahnya dibatik kembali untuk menghasilkan baik motif dan warna yang lebih jelas. Sehingga batik ini terlihat seperti batik tulis.

Jenis batik ini mungkin masih sedikit yang mengetahui karena tidak sepopuler ketiga jenis batik lainnya. Disamping itu, masih sedikit sekali para peminat yang tertarik dengan batik cabutan ini. Batik ini bisa menjadi pilihan apabila dibandingkan dengan baik tulis yang memiliki harga yang cenderung mahal. Disamping itu, ketika kita memiliki batik yang sudah tua dan warnanya sudah usang, bisa kembali mendapatkan warnanya.

Sedangkan kelemahan baik ini ada pada motifnya, karena tidak seluruh motif dibatik ulang, cenderung hanya pada unsur-unsur utama yang menarik perhatian. Disamping itu, apabila motif geometris yang dibatik ulang, masih terasa kesempurnaan motif yang di pinting, sedangkan pada batik tulis, ketidak sempurnaan motif yang menjadi menarik.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2019/04/11/batik-cabutan-batik-yang-ditulis-ulang
Comments
Loading...