Batik Indonesia : Batik Bledak, Berlatar Warna Putih

0 45

Batik bledak, tentang pesona batik tulis berlatar warna putih atau krem, yang kalau bahasa Jawa  disebut bledak atau bledakan. Nah, penasaran pengen tahu? Cuss, kita langsung menuju TKP. Batik tulis seperti yang sudah-sudah memiliki pewarnaan yang khas, entah dengan warna alam ataupun warna kimia. Yang pasti warna-warna dalam batik itu memiliki pesona dan filosofi tersendiri sesuai dengan ragam batiknya. Ada warna sogan yang khas dengan warna kuning keemasan yang menjadi ciri khas batik-batik di Surakarta, atau warna-warna hitam yang menjadi ragam khas batik-di Yogyakarta, semuanya memiliki filosofi dan karakteristik yang membuat kita ingin lebih dalam mempelajari batik tulis.

Dan, seperti yang menjadi tema kita pada hari ini, ada batik dengan latar berwarna putih atau krem yang sering disebut dengan bledak. Batik ini seperti batik biasanya, namun penggunaan warna latar yang cerah (biasanya berwarna putih atau krem) menjadikan batik ini sedikit berbeda. Penggunaan warna latar putih tersebut sebenarnya sudah banyak kita temukan baik di Lasem atau di Yogyakarta. Namun, mungkin banyak yang belum mengetahui apa nama batik tersebut, dan mana yang bisa disebut bledak. Batik bledak didominasi oleh warna latar putih, sehingga penggunaan motif hanya sedikit dan sekitar 60% warnanya menggunakan warna putih. Dengan demikian motif yang dilukiskan pada batik akan terlihat.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/10/21/mengenal-batik-bledak-pesona-keindahan-batik-tulis-berlatar-warna-putih
Comments
Loading...