Batik Indonesia : Batik Besurek, Batik Berpadu Kaligrafi

0 36

Batik besurek bukan merupakan batik khas pulau Jawa, tetapi dari pulau Sumatera, tepatnya adalah daerah Bengkulu. Menurut wikipedia Asal usul dinamakan Batik Besurek dikarenakan batik ini menggunakan motif-motif bertuliskan kaligrafi Arab. Besurek merupakan bahasa Melayu dialek Bengkulu yang artinya bersurat atau tulisan. Sejarahnya adalah batik motif ini diperkenalkan oleh para pedagang arab yang singgah di Bengkulu. pedagang Arab dan pekerja asal India pada abad ke-17 kepada masyarakat di Bengkulu.

Seiring dengan perkembangannya, seni dalam membuat motif pada kain tersebut dipadukan dengan tradisi Indonesia yang berciri khas Bengkulu. Namun ada sebagian orang yang beranggapan bahwa kain besurek awalnya dikenalkan pada masa pada saat pengasingan pangeran Sentot Ali Basa dan keluarganya dari pulau Jada  di Bengkulu oleh Kolonial Belanda. Pada saat pengasingan itu keluarga Sentot Ali Basa membawa bahan dan peralatan membuat batik, yang tujuannya untuk mengisi kesibukan selama di pengasingan.

Pada saat keluarga Sentot Ali Basa melakukan pekerjaan membatik, warga Bengkulu melihat dan memperhatikan mereka. Batik Besurek tidak hanya memiliki motif kaligrafi, tetapi ada juga motif yang lain yang juga dikembangkan oleh pemerintah Bengkulu seperti motif bunga padma raksasa, motif rafflessia, motif kaligrafi, motif rembulan, dan lain sebagainya.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/05/18/edisi-ramadhan-batik-besurek-budaya-batik-yang-berpadu-dengan-keindahan-kaligrafi
Comments
Loading...