Batik Indonesia : Batik & Beskap Konstelasi Budaya

0 28

Pemakaian beskap dalam adat budaya Jawa memang diciptakan untuk melengkapi pemakaian batik sebagai nyamping atau jarik dan blangkon. Karena trilogi busana budaya adat Jawa ini masih bisa kita temukan dalam kehidupan modern, terutama ketika menghadiri sebuah acara pernikahan adat Jawa. Pemakaian ketiga busana ini melambangkan kehidupan dorang Jawa yang elegan dan penuh filosofi kesederhanaan. Penggunaan batik bukan hanya sebagai pelengkap, tetapi menjadi salah satu karakter utama dalam busana adat Jawa.

Dalam pernikahan sering kita temukan dipakai oleh pranatacara (pembawa acara), among tamu, cucuk lampah, dan dalang wayang kulit. Namun selain itu juga masih banyak kita temukan seperti para pengrawit, atau para penabuh gamelan. Ketika mungkin di dalam sebuah acara pernikahan, beskap ini dipadukan dengan katin batik motif pernikahan yang mengandung filosofi yang baik untuk kedua mempelai. Meskipun terlihat kuno, namun pemakaian beskap ini menunjukkan keluhuran budaya Indonesia sebagai negara yang penuh khasanah budaya.

Dalam artian yang baik, pemakaian beskap menunjukkan kepada para tamu bahwa mereka pantas mendapatkan sebuah sambutan yang seperti penyambutan tamu keraton, karena telah hadir dalam sebuah acara pernikahan atau acara resmi lainnya.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/04/16/batik-dan-beskap-konstelasi-budaya-yang-tidak-terpisahkan
Comments
Loading...