Batik Indonesia : Batik Bermotif Wayang, Dualisme

0 24

Batik bermotif wayang, dualisme keindahan warisan kebudayaan. Dari judulnya sudah bisa ditebak, keindahan wayang kulit dan batik, seperti saudara seibu, sama-sama indah dan sama-sama memiliki filosofi di setiap lakon dan motifnya. Dan bagaimana jika kedua kebudayaan tersebut bisa menjadi satu menjadi sebuah kesatuan yang indah? Mungkin kita sudah tahu bahwa dalam karakter wayang, busana yang dikenakan oleh para tokoh wayang tersebut memakai busana Jawa yang pastinya memakai batik.

Dan bukan hanya itu saja, sang dalang pun memakai busana Jawi Jangkep ketika melakonkan para wayang kulit tersebut. Karena itu sekarang dibalik, banyak motif batik yang mengambil karakter tokoh wayang sebagai motif batik mereka, mengapa? Karena dalam karakter wayang juga tersimpan berbagai petuah hidup yang secara tidak langsung menjadi motif pendukung dan penguat filosofi batik tulis yang dibuat. Memang, kesulitan ketika membuat motif wayang menjadi nilai tersendiri, terutama detail dan lekuk karakter wayang yang sulit dan cenderung rumit.

Namun, bukan Indonesia namanya jika tidak mampu melakukan sesuatu yang berada diluar batas imajinasi kita sebagai penikmat batik, motif-motif wayang menjadi sesuatu yang begitu indah di balik latar batik tulis. Biasanya, batik yang memiliki karakter wayang akan menggunakan latar truntum maupun kawung sebagai pendukung agar lebih terlihat klasik. Dan berbagai motif alas-alasan sebagai penyeimbang.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/09/24/batik-bermotif-wayang-dualisme-keindahan-warisan-kebudayaan
Comments
Loading...