Batik Indonesia : Batik Bermotif Tumbar Lintang, Bintang

0 44

Motif Batik Tulis tidak hanya menampilkan keindahan dari ornamen dan ragam hiasnya, tetapi juga memuat harapan serta doa bagi pemakainya. Batik bermotif Tumbar Lintang ini bertaburan bintang (lintang) yang kemerlap di bentangan langit malam. Satu bintang kejora nampak paling gemerlap di antara ribuan lintang yang lainnya, yang bertaburan bak sebaran rempah-rempah ketumbar. Hewan.hewan malam ikut berterbangan merayakan keluasan langit malam.

Adalah doa dan harapan bagi pemakainya semoga memiliki kelapangan dan kelegaan hati, sbgmn luasnya langit malam. Dan hatinya terang benderang seperti gemerlapnya bintang-bintang. Salain Batik Sekar Jagad Garuda, kawung dan Meru Batik juga punya motif yang namanya Ceplok atau motif batik Ceplokan. Bentuk pola ceplok sangat kuno adalah pola kawung. Pola dengan motif-motif ceplok ini terinspirasi oleh bentuk buah kawung (buah atap atau buah aren) yang dibelah empat.

Keempat bagian buah bersama intinya itu melambangkan empat arah (penjuru) utama dalam agama Budha. Pada dasarnya, ceplok merupakan kategori ragam hias berdasarkan pengulangan bentuk geometri, seperti segi empat, empat persegi panjang, bulat telur, atau pun bintang. Ada banyak varian lain dari motif ceplok, misalnya ceplok sriwedari dan ceplok kecil. Batik truntum juga masuk kategori motif ceplok. Selain itu, motif ceplok juga sering dipadupadankan dengan berbagai bentuk motif lainnya untuk mendapat corak indah.

Source instagram.com instagram.com/p/8f_hhPo6eX/?hl=id&taken-by=bacabatik
Comments
Loading...