Batik Indonesia : Batik Bermotif Naga Ini Dilukis pada Sutra

0 73

Batik bermotif Naga ini dilukis pada sehelai kain sutera yang juga ditenun dengan tangan. Ornamen Naga Cina memiliki makna perlindungan, penolak bala, pemberi rizki dan kesuburan. Karena Naga dalam mitologi Tiongkok adalah salahsatu dari empat makhluk penjaga dunia. Naga berjaga di Timur, Kilin di Barat, Burung Hong di Selatan dan Kura-Kura di Utara. Dalam Batik ini motif Naga dikombinasikan juga dengan motif batik kuno yaitu Kawung. Tampak pula motif Tambal dilukiskan pada awan.

Ketiganya memberikan makna pengharapan tentang perlindungan, keseimbangan, menyatunya alam besar dan alam kecil serta kesembuhan. Sering kita Jumpai batik dengan motif Naga dalam Peradaban cina naga ini mempunyai nilai dan makna tersendiri Naga Cina disebut Long dalam bahasa Mandarin, dan Liong dalam dialek Hokian. Ia mulai dikenal sejak kira-kira 3.000 tahun yang lalu. Penampilannya berbeda dengan Naga Jawa yang seperti ular bermahkota, dengan Naga Eropa yang mirip dinosaurus bersayap dan dengan Naga India yang sering digambarkan mirip ular kobra.

Naga Cina ada bermacam-macam jenisnya. Yang paling dikenal adalah yang hijau kebiruan. Kepalanya dikatakan seperti kepala kuda atau unta, tetapi bermisai. Giginya runcing seperti gigi harimau, tanduknya seperti milik rusa jantan raksasa, sedangkan matanya seperti mata kelinci. Ada pula yang menyatakan matanya seperti mata setan. Daun telinganya seperti lembu.

Source instagram.com instagram.com/p/8pU1BPI6RX/?hl=id&taken-by=bacabatik
Comments
Loading...