Batik Indonesia : Adat Memakai Kain Batik Sarimbit

0 16

Pernikahan adalah ibadah yang begitu penuh berkah, di dalamnya terdapat berbagai filosofi dan pesan kehidupan untuk pasangan yang akan menempuh hidup baru. Rasa haru, bahagia, suka cita, menjadi sebuah fase kehidupan yang menjadi idaman setiap manusia. Begitu juga dengan adat jawa, romantisme pernikahan adat Jawa juga penuh dengan filosofi keindahan itu, apalagi ketika pasangan memakai kain batik sido mukti, sarimbit, atau berpasangan. Pernikahan adat Jawa, sebagian besar menggunakan batik sebagai busana mereka, yang dipadukan dengan beskap dan kebaya.

Motif-motif batik yang digunakan biasanya berpasangan, seperti motif Sido Mukti, Wahyu Tumurun, Truntum Garuda, dan lain sebagainya tergantung kedua mempelai. Kain batik yang di wiru, tata rias paes, dan berbagai prosesi adat yang semuanya memiliki makna dan artian yang mendalam menjadikan pernikahan adat Jawa menjadi sebuah tradisi masyarakat yang turun temurun, dan memberikan bukti bahwa pernikahan adalah sesuatu yang sakhral yang juga sekaligus merupakan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam pernikahan menggunakan adat Jawa, prosesi yang melambangkan tentang bagaimana kedua mempelai tersebut akan menjalani kehidupan rumah tangga. Dalam prosesi-prosesi pernikahan tersebut banyak filosofi dan pelajaran sekaligus doa yang baik untuk kedua mempelai.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/11/26/romantisme-pernikahan-adat-jawa-memakai-kain-batik-sarimbit
Comments
Loading...