Batik Indonesia : Adat Berpuasa Sebelum Membatik

0 38

Kebiasaan berpuasa sebelum membatik, keluhuran tradisi orang Jawa. Ketika memikirkan untuk membuat batik, yang kita pikirkan hanya membuat motif kemudian membatiknya, lalu mencelupkan warnanya. Tetapi, ternyata dibalik itu semua ada rahasia yang seharusnya menjadi perhatian kita. Kegiatan membatik pada zaman dahulu, terutama pada zaman Kerajaan, sebelumnya memiliki syarat yang sangat sulit. Apalagi ketika mencari inspirasi untuk membuat motif batik. sebagian besar orang Jawa pada zaman dahulu akan melakukan laku teteki, berpuasa, sampai bertapa untuk menemukan jati diri dan lebih dekat dengan Sang Pencipta.

Lebih dekat, dalam artian memiliki jiwa yang bersih, suci dan bertujuan untuk kembali mengingat bahwa segala sesuatu nantinya akan kembali kepada Yang Maha Kuasa. Ketika manusia sudah mencapai kesadaran tersebut, maka ketika batik dibuat, pasti akan penuh filosofi dan penuh makna yang mendalam. Berpuasa sendiri bertujuan untuk mengendalikan hawa nafsu kita sebagai manusia, mengatur bagaimana kita menjadi pribadi yang lebih sabar dalam menghadapi kehidupan. Begitu juga ketika kita membatik, membutuhkan kesabaran yang luar biasa, sehingga apabila kita hanya asal-asalan dalam membatik, sudah dipastikan hasilnya tidak akan menjadi sebuah batik yang biasa saja.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/05/21/edisi-ramadhan-kebiasaan-berpuasa-sebelum-membatik-keluhuran-tradisi-orang-jawa
Comments
Loading...