Batik Indigo, Kekayaan Batik Klasik Indonesia

0 64

Khasanah batik Indonesia memang sangat luas. Namun banyak warisan batik Nusantara yang masih kurang terekspos, salah satunya batik jawa. Batik jawa tidak melulu batik kontemporer dan konservatif, karena ternyata ada batik indigo yang merupakan batik dengan warna klasik yang abadi.

Dalam event Gelar Batik Nusantara 2013, Galeri Batik Jawa mengangkat tema “Batik Indigo Alam untuk Semua Musim”, yang menonjolkan kekuatan dari batik indigo. Batik ini memiliki ciri khas berupa simbol-simbol serta keindahan flora-fauna Indonesia yang menawan. Warnanya diolah dengan zat warna alami dari tumbuh-tumbuhan. Penggunaan batik indigo ini menjadikan batik klasik ini menjadi busana ready to wear, dan penggunaan kainnya pun beragam.

Pria yang sudah bergelut selama kurang lebih 30 tahun di industri batik ini mengaku inspirasi untuk 40 busana yang ditampilkan kali ini didapatkan secara tiba-tiba. Banyaknya motif batik jawa membuat idenya mengalir begitu saja untuk sebuah pola pakaian. Melalui batik indigo, Gut Puspo ingin menghidupkan kembali kearifan lokal Jawa yang sudah berabad-abad menggunakan pewarna alam yang ramah lingkungan.

Warna asli batik indigo klasik itu biru dari zaman dahulu kala. Karena perubahan zaman dan keinginan pasar, banyak orang yang tahunya batik itu warna dasarnya coklat. Kekuatan dari warna biru itu sendiri ada pada penggunaan pewarna dari tumbuhan liar yang hidup subur di tanah air, seperti mahoni, duwet, tingi, mangga, dan jelawe. Pewarna alami ini dipadukan dengan warna alami indigofera tinctorial sehingga menghasilkan harmonisasi warna biru kecoklatan, keabuan, kehijauan, dan kekuningan.

Pilihan warna-warna klasik ini lalu dituangkan lewat pakaian siap jadi yang simpel untuk busana wanita dan pria. Tergambar dari pola baju dengan penggunaan kain katun yang ringan, menghasilkan beberapa potongan rok, atasan, dan outwear masa kini. Motif-motif yang dipakai mempunyai corak yang kuat. Adapun motif batik jawa yang digunakan di antaranya parang, kawung, semen, nitik, lung-lungan, sekarjagad, dan beberapa pola yang sedang berlangsung masa kini. Akan tetapi, Gut Puspo berhasil memadukannya dengan baik. Dalam satu setelan busana ia menggunakan perpaduan sekitar dua sampai tiga motif batik indigo. 

Source https://lifestyle.kompas.com/read/2013/07/18/1713477/Batik.Indigo.Kekayaan.Batik.Klasik.Indonesia lifestyle.kompas.com
Comments
Loading...