Batik Hijaiyyah Motif Ceplok Tunggal

0 188

Batik Hijaiyyah Motif Ceplok Tunggal

Sejak Batik Indonesia ditetapkan oleh badan kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), UNESCO, batik terus menerus di kembangkan. Kreativitasnya menembus batas dan sekat negara. Di Kota Semarang, Jawa Tengah, batik kontemporer kini tengah berkembang. Ada dua bengkel kerja batik yang terus berkembang dan dianggap mewakili batik kontemporer Semarang.

Keduanya, yakni Sanggar Batik Semarang 16 yang berada di Desa Meteseh Kecamatan Tembalang, Semarang. Dan Workshop Batik Sri Asih di RT 03 / RW 09 Plamongansari Semarang. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Batik Hijaiyyah Motif Ceplok Tunggal.

Batik Hijaiyyah Motif Ceplok Tunggal adalah motif yang mengeksplorasi bentuk huruf arab. Karena hanya hurufnya yang dieksplorasi, maka penciptanya tidak khawatir dianggap mencomot Al Quran. Meski demikian, huruf-huruf hijaiyyah yang diambil tidak dipoles dan dibiarkan apa adanya. Menurut Suswahyuni dari Bengkel Batik Sri Asih selaku pencipta, hal itu sengaja dilakukan agar masyarakat paham perbedaan huruf arab dan ornamen lain. Huruf-huruf ini dipadu dengan motif klasik ceplok, sehingga menunjukkan tingkat adaptasi budaya yang sangat kawin.

Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/2530125/6-batik-unik-semarangan-dari-huruf-arab-sampai-hewan-imajiner http://regional.liputan6.com/read/2528364/batik-hijaiyyah-ini-arab-bukan-islam
Comments
Loading...