Batik Hadi Priyanto

0 133

Batik Hadi Priyanto

Batik yang berkembang di wilayah pedalaman Pulau Jawa, yaitu Batik yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Sejarah dari Batik Banyumas tercipta karena para pengikut Pangeran Diponegoro yang melakukan perang dan mengungsi hingga ke daerah Banyumas. Motif Batik Banyumas memiliki ciri khas dengan mengangkat motif kehidupan masyarakat Banyumas seperti Sekarsurya, Sidoluhung, Jahe Puger, Cempaka Mulya, Khantil, Ayam Puger, Madu Bronto, Jahe Srimpang, Lumbon (Lumbu), Sungai Serayu, Gunungan, Batu Waljinan, Kawung Jenggot, Dunia Baru, Satria Busana, Pring Sedapur, dan lain-lain.

Batik Banyumas sekarang berkembang pesat di wilayah Mruyung, Banyumas, terutama oleh perusahaan Batik Hadi Priyanto. Perusahaan batik ini sudah dibangun sejak 1957 oleh Kwee Lie Go. Saat ini perusahaan batik dikelola oleh generasi ke-tiga, yaitu Slamet Hadi Priyanto. Toko Batik Hadi Priyanto ini berada satu kawasan dengan rumah orangtua Slamet Hadi Priyanto. Begitu memasuki pekarangan toko batik ini, akan terlihat lembaran-lembaran kain batik yang sedang dijemur.

Di Mruyung tidak hanya bisa membeli Batik Banyumas saja, tapi juga bisa melihat proses pembuatannya di bagian belakang toko batik. Bahkan juga belajar membatik di tempat ini. Selain batik tulis berupa kain untuk memakai kebaya, dan kain untuk menggendong bayi, juga bisa menemukan batik cap dan printing, berupa baju-baju, dengan harga yang lebih murah.

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/didy/59c279ec4d11b773bb41e242/indahnya-batik-banyumas
Comments
Loading...