Batik Gunungkidul Gebrak Pentas Nasional

0 121

Batik Gunungkidul Gebrak Pentas Nasional

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu sentranya batik yang ada di Indonesia. Hampir semua kabupaten di Kota Gudeg itu mempunyai sentra batik. Jika selama ini orang mengenal sentra batik hanya berada di Bantul dan Kulonprogo, belakangan ini muncul satu lagi sentra yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berjarak 39,3 kilometer dari pusat kota, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, kini mencoba tenar lewat batik yang berasal dari warna alam.

Dukungan pihak swasta dan sejumlah BUMN jitu untuk terus mempromosikan kerja keras kalangan pengrajin batik dari kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, itu. Kini, ragam corak batik asal Gunung Kidul itu pun mulai meramaikan bursa batik di Inacraft ke-19 yang digelar 26-30 April. Batik Tegalrejo mencoba bersaing dengan menawarkan warna alam. Selain itu, dalam urusan batik tulis, Batik Tegalrejo lebih halus dari pada Batik Bantul maupun Kulonprogo. “Harta batik Tegalrejo jauh lebih mahal dibandingkan dengan kedua batik tersebut,” kata pengurus Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia di Yogyakarta, Emirita Pratiwi.

Sekadar untuk perbandingan, batik cetak dengan proses ditutup dan dicelup harganya berkisar Rp. 450.000 – Rp. 600.000. Sementara, batik yang diproses dua kali ditaksir dengan harga sekitar Rp. 850.000 – Rp. 1.500.000.

Source https://lifestyle.sindonews.com/ https://lifestyle.sindonews.com/read/1201493/186/batik-gunung-kidul-gebrak-pentas-nasional-1493612395
Comments
Loading...