Batik Gumelem Tradisional Motif Trisula Wajik

0 198

Batik Gumelem Tradisional Motif Trisula Wajik

Pembuatan Motif Batik Trisula Wajik diambil dari nama sebuah makanan khas Banjarnegara, yaitu Wajik Kletik yang berasal dari Kalibening. Batik ini termasuk kedalam Batik Tradisional. Wajik Kletik merupakan jenis makanan manis yang terbuat dari gula aren, ketan dan santan. Wajik Klethik biasanya dipotong dengan bentuk belah ketupat, kecil dan warnanya kecoklatan. Oleh karena itu, pada motif ini ornamen wajik digambarkan sesuai dengan bentuk aslinya berupa bidang belah ketupat. Ornamen wajik ini kemudian dirangkai bagian ujung-ujungnya menggunakan prinsip radiasi dengan titik pusat berada ditengah, sehingga menyerupai bentuk dasarnya yang merupakan bidang belah ketupat.

Ornamen wajik dan susunannya memiliki persamaan pada bentuk bidangnya yaitu sama-sama membentuk belah ketupat. Selain pada ornamen wajiknya, motif ini juga dikombinasikan dengan penggunaan ornamen trisula yang berarti senjata. Seperti ornamen wajik, ornamen trisula ini juga disusun dengan prinsip radiasi. Selain penggunaan prinsip radiasi, motif ini juga menggunakan prinsip selang-seling, hal ini terlihat dari penempatan antara ornamen wajik dan trisula yang tersusun secara berselingan. Pada dasarnya, motif ini dibuat dengan satu susunan bidang yaitu belah ketupat agar tercipta keselarasan bentuk dari masing-masing ornamen. Motif Batik Trisula Wajik ini menggambarkan bahwa makanan khas daerah Banjarnegara yang satu ini juga merupakan salah satu senjata unggulan dari komoditas Banjarnegara melalui kuliner khasnya.

Batik ini masuk dalam golongan Batik Geometris dari pola wajiknya yang membentuk bidang belah ketupat. Warna yang digunakan pada motif ini adalah hitam, orange, dan putih. Warna pada ornamen wajik hampir menyerupai warna asli dari wajik klethik yaitu kecoklatan. Tetapi pada Motif Trisula Wajik ini, warna wajik digambarkan dengan sedikit lebih cerah dan disertai warna putih sebagai kontur dari ornamen agar tidak tenggelam dalam warna yang gelap. Karena, apabila dibuat dengan menggunakan warna aslinya yaitu kecoklatan yang sama-sama gelap, maka ornamen akan tertutup warna hitam sebagai latar pada kain.

Source Batik Gumelem Tradisional Motif Trisula Wajik Batik
Comments
Loading...