Batik Gumelem Tradisional Motif Parang Salak

0 204

Batik Gumelem Tradisional Motif Parang Salak

Batik Gumelem Motif Parang Salak merupakan salah hasil batik dari Industri Tanjung Biru. Pembuatan motif batik ini diambil dari produk pertanian yang menjadi salah satu komoditas unggulan Banjarnegara yaitu salak pondoh yang tersebar di beberapa Kecamatan seperti Madukara, Pagentan, Sigaluh, Banjarmangu dan sebagian Karangkobar. Pada motif Parang Salak ini, terlihat ada kesamaan susunan dan bentuk seperti Motif Parang Cendhol terutama antara ornamen salak dan cendolnya. Tetapi apabila dibandingkan dengan ornamen cendhol pada motif Parang Cendhol, motif Parang Salak ini memiliki ukuran yang lebih besar pada ornamen salaknya dengan tambahan isen-isen berupa cacah gori yang digunakan sebagai kulit salak.

Motif ini memiliki susunan yang sama seperti motif Parang Cendhol, yaitu membentuk diagonal dengan dibatasi oleh garis vertikal antara ruas satu dengan ruasruas lainnya. Tetapi bentuk diagonal pada Parang Salak ini tidak digambarkan dengan garis lurus seperti pada motif Parang Cendhol, melainkan menggunakan isen mlinjo-mlinjon dengan struktur garisnya yang bergerigi, seperti yang terdapat pada Motif Parang pada umumnya, yang selalu menyertakan isen-isen ini sebagai salah satu ciri-ciri dari motif Parang. Selain isen-isen cacah gori dan mlinjo-mlinjon, ada juga isen-isen cecek yang digunakan pada motif ini.

Pemilihan warna yang digunakan dalam motif ini lebih sederhana, dengan hanya memadukan antara dua warna yaitu hitam dan putih agar lebih menonjolkan sisi dari ornamen motifnya.

Source Batik Gumelem Tradisional Motif Parang Salak Batik
Comments
Loading...