Batik Gumelem Tradisional Motif Parang Cendhol

0 239

Batik Gumelem Tradisional Motif Parang Cendhol

Batik Motif Parang Cendhol juga meruapakan salah satu Batik Tradisional yang dibuat oleh Industri Tunjung Biru. Motif ini merupakan bagian dari motif khas Batik Gumelem Banjarnegara. Terciptanya Motif Parang Cendhol ini masih berdasarkan motif turun temurun dari Batik Gumelem yang berasal dari Keraton Mataram yaitu Motif Parang. Motif Parang merupakan motif yang tersusun berdasarkan garis miring yang biasa disebut dengan garis diagonal. Pada Motif Parang Cendhol ini, susunan motifnya terdiri dari komposisi geometris dengan bentuk vertikal dan diagonal. Garis-garis vertikal dipakai sebagai ruas yang membatasi susunan garis diagonal, sedangkan garis-garis diagonal dipakai sebagai pembatas ornamen cendol.

Garis diagonal pada motif ini disusun secara bervariasi menjadi bentuk yang simetris, berhadap-hadapan seperti membentuk irama garis zig-zag apabila dilihat dari kejauhan, walaupun jika dilihat dari jarak yang dekat, garis-garis diagonal ini merupakan garis yang sebenarnya terputus dan bukan garis yang tersambung. Perpaduan komposisi geometris ini membuat Motif Parang Cendhol menjadi lebih memperlihatkan keserasian yang ditimbulkan dari kesan garis vertikal dan diagonalnya. Dari pemakaian warna, motif ini dibuat lebih sederhana dengan menggunakan perpaduan dua warna antara hitam dan putih untuk lebih menonjolkan motifnya.

Motif Batik Parang Cendhol merupakan motif batik yang masuk ke dalam Batik Geometris, karena susunan yang terbentuk pada motif ini merupakan paduan dari garis-garis, yaitu vertikal dan diagonal dengan penggunaan pola pengulangan. Garis vertikal memberikan makna stabil, kemuliaan, kokoh, dan tegar. Pada garis diagonal memberikan makna bergerak. Motif ini dapat menggambarkan Kabupaten Banjarnegara yang memang merupakan daerah pegunungan dan berbukit-bukit, dari bentuk susunan garis-garis diagonalnya yang terlihat seperti lereng.

Melalui motif ini juga, pemilik Industri Batik Tunjung Biru ingin memperlihatkan keadaan Banjarnegara dari kondisi alamnya, pemerintahan yang kokoh dengan kepemimpinan yang mulia dan memiliki semangat untuk bergerak menjadi lebih maju, memajukan selalu potensi daerah Banjarnegara yang salah satunya adalah dari kuliner khasnya yaitu dawet ayu, yang dijadikan sebagai ornamen cendol.

Source Batik Gumelem Tradisional Motif Parang Cendhol Batik
Comments
Loading...