Batik Gumelem Tradisional Motif Lung Semanggen

0 181

Batik Gumelem Tradisional Motif Lung Semanggen

Batik Motif Lung Semanggen merupakan salah satu Motif Batik Tradisional dan motif yang tercipta berdasarkan bentuk tumbuhan. Nama Semanggen ini berasal dari kata Semanggi, yang merupakan jenis tanaman air sejenis paku air. Tumbuhan ini tergolong banyak dan mudah untuk ditemukan disekitar pematang sawah maupun tepi saluran irigasi, karena tumbuhan ini memang habitatnya berada didekat perairan. Seperti yang banyak terdapat di Kabupaten Banjarnegara sebagai kota yang memiliki banyak sekali area persawahan, maka tumbuhan ini akan dengan mudah ditemukan disekitar sawah. Tumbuhan semanggi atau semanggen memiliki bentuk daun yang melebar dan terdiri dari empat ruas yang melingkar dan menyatu pada bagian tengahnya seperti bunga.

Pada motif ini terdapat ornamen daun semanggi atau semanggen lebih divariasikan dengan digambarkan setengah lingkaran yang bentuknya menyerupai kipas. Walaupun telah digambarkan dengan bentuk yang lain, ornamen daun semanggi atau semanggen ini masih tetap memiliki tangkai dan urat-urat daun. Dedaunan pada motif ini membentuk rantai-rantai daun yang saling berkaitan satu sama lain. Selain dari ornamen tumbuhan berupa daun semanggi, terdapat juga ornamen burung yang disusun dengan pola yang menyebar tetapi diletakkan secara teratur dengan jarak tertentu. Ornamen burung ini digambarkan seperti burung merak, karena pada bagian bulu-bulunya yang berada diatas membentuk setengah lingkaran menyerupai ekor dari burung merak.

Dari ornamen tumbuh-tumbuhan dan burung yang digambarkan pada Motif Lung Semanggen ini, bentuk-bentuk ornamennya lebih banyak menggunakan unsur garis lengkung yang membentuk setengah lingkaran. Penggunaan garis dasar ini disamakan agar tercapai keselarasan bentuk untuk menjadikan motif ini terlihat seimbang. Warna yang digunakan masih pada warna-warna yang sering dipakai pada Motif Batik khas Gumelem dari Industri Batik Tunjung Biru antara hitam, merah, dan putih. Pada isen-isen, yang digunakan pada motif ini adalah berupa cecek, sawut, cecek sawut, dan sisik melik.

Source Batik Gumelem Tradisional Motif Lung Semanggen Batik
Comments
Loading...