Batik Gumelem Tradisional Motif Liris Pantun

0 327

Batik Gumelem Tradisional Motif Liris Pantun

Inspirasi untuk membuat Batik Motif Liris Pantun berasal dari tanaman padi yang banyak tumbuh di daerah Banjarnegara, karena Banjarnegara juga merupakan kota yang menghasilkan beras. Batik Selain di daerah perkotaan, di desa Gumelem yang menjadi daerah utama penghasil batik, padi juga merupakan salah satu tanaman yang menjadi sumber mata pencaharian dari masyarakat Gumelem yaitu sebagai petani. Liris Pantun diambil dari kata Liris yang diartikan garis, dan Pantun yang berarti padi. Motif Liris Pantun ini berusaha digambarkan sesuai dengan bentuk tanaman padi yang sesungguhnya, dari penggambaran daunnya yang menyerupai bentuk aslinya.

Ornamen yang dipilih untuk mengisi Motif Liris Pantun sengaja disusun secara vertikal dengan posisi yang berjajar sesuai dengan keadaan di sawah pada umumnya. Seorang petani pasti akan selalu menanam padinya berdasarkan garis lurus, mengawali menanam padi dari atas hingga ke bawah, walaupun sebelumnya mereka tidak pernah membuat garisnya terlebih dahulu. Maka dari itu, motif ini dibuat untuk menggambarkan seorang petani yang menanam padinya dengan susunan rapi membentuk satu garis lurus pada tiap barisnya.

Pewarnaan yang dipilih dalam motif ini adalah hitam, merah, dan putih. Warna merah disini menggambarkan sebagai warna yang dianggap paling menarik perhatian dan melambangkan keberanian, seperti pada Motif Liris Pantun ini yang berani menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu kekhasan dari Banjarnegara yang diharapkan akan menjadi salah satu daya tarik juga dalam penggunaanya sebagai motif batik. Isen-isen yang digunakan adalah cecek, isen-isen yang satu ini memang rata-rata ada di setiap Motif Batik Gumelem.

Source Batik Gumelem Tradisional Motif Liris Pantun Batik
Comments
Loading...