Batik Gumelem Tradisional Motif Kembang Lumbon

0 293

Batik Gumelem Tradisional Motif Kembang Lumbon

Batik Motif Kembang Lumbon merupakan motif yang dibuat dari Industri Batik Tunjung Biru yang terinspirasi berdasarkan kondisi yang ada di daerah Banjarnegara. Kata Lumbon ini berasal dari lumbu, yaitu tumbuhan yang daunnya melebar, bentuknya hampir menyerupai gunungan wayang. Tanaman ini banyak ditemukan pada pinggiran di perairan sawah. Karena banyaknya persawahan yang berada di Banjarnegara disepanjang jalan, baik disisi kanan kiri jalan raya utama maupun jalan-jalan pedesaan, maka tumbuhan lumbu ini menjadi salah satu inspirasi dalam pembuatan motif khas dari Batik Gumelem Banjarnegara.

Motif Kembang Lumbon merupakan batik dengan Motif Non Geometris yang tersusun dengan prinsip pengulangan. Ornamen daun lumbu ini masuk ke dalam ornamen tumbuhan dengan struktur bentuk daun yang digambarkan menyerupai bentuk aslinya disertai tangkai dan garis daun. Dari rangkaian antara daun dan bunganya, ornamen ini membentuk huruf “X“ dengan penambahan ornamen bunga pada bagian tengah huruf.

Dari rangkaian kedua ornamen antara daun dan bunga ini yang membentuk huruf “X” ini, maka pada bagian rongga antara rangkaian ornamen satu dan lainnya akan secara alami membentuk ruang seperti bidang belah ketupat. Warna dan isen-isen yang digunakan masih sama dengan beberapa motif lainnya yaitu warna hitam, putih, dan biru. Sedangkan pada isen-isen, yang dipakai pada motif ini adalah cecek dan sawut.

Source Batik Gumelem Tradisional Motif Kembang Lumbon Batik
Comments
Loading...