Batik Gumelem Tradisional Motif Kali Serayu

0 316

Batik Gumelem Tradisional Motif Kali Serayu

Batik Motif Kali Serayu merupakan motif yang juga menggambarkan kekhasan Banjarnegara dan termasuk ke dalam Motif Batik Tradisional. Kata Serayu merupakan sungai terbesar yang dimiliki oleh Kabupaten Banjarnegara, dan dimanfaatkan sebagai sumber perairan di area persawahan yang banyak terdapat disekitar kota Banjarnegara maupun di daerah pedesaan melalui anak sungai dari sungai serayu. Selain sebagai sumber perairan untuk mengairi sawah, sungai serayu juga digunakan sebagai lintasan olahraga arung jeram baik dari kalangan wisatawan, sampai kejuaraan yang diselenggarakan dalam tingkat Nasional.

Motif Batik ini tersusun dengan menggunakan bentuk garis yang bergelombang untuk menggambarkan efek dari air sungai. Garis-garis yang bergelombang ini disusun secara berselingan dengan dua jenis ornamen berbeda yang dibuat bergantian yaitu antara ornamen yang menggambarkan kesan dari air sungai dan tumbuh-tumbuhan. Pada ruas garis yang pertama menggambarkan sungai serayu beserta tanaman air yang hidup ditepian sungai. Penggunaan isen-isen dengan mata deruk ini diibaratkan sebagai air dari sungai serayu, sedangkan isen-isen cecek digunakan sebagai kontur dalam ornamen tumbuhan berupa dedaunan dan bunganya.

Dilihat dari jarak yang jauh rangkaian titik-titik yang digunakan sebagai kontur ini akan terlihat seperti garis yang membentuk sebuah ornamen. Pada ruas yang kedua, ornamennya terdiri dari jenis tumbuh-tumbuhan yang menggambarkan tanaman disekitar sungai serayu. Warna yang digunakan cenderung lebih cerah, yaitu krem dan merah muda, tetapi masih tetap disertai warna gelap yaitu hitam sebagai identitas warna Batik Gumelem.

Source Batik
Comments
Loading...