Batik Gumelem Tradisional Motif Cendhol Salak

0 256

Batik Gumelem Tradisional Motif Cendhol Salak

Batik Gumelem Motif Cendhol Salak merupakan Batik Tradisional yang dibuat dari Industri Batik Tanjung Biru. Batik dengan Motif Cendhol Salak pembuatannya terinspirasi dari  potensi yang ada di Kabupaten Banjarnegara dilihat dari segi kuliner, yaitu minuman dan makanan khas dari daerah ini. Pada ornamen salak yang melingkar membentuk bunga dengan satu ornamen cendhol ditengah ini, melambangkan bahwa sebagai masyarakat Banjarnegara harus mempunyai rasa memiliki dan menjaga potensi daerahnya sendiri untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Oranamen cendhol banyak yang menjadi pelataran pada kain batik menggambarkan masyarakat dari luar wilayah Banjarnegara yang berkunjung ke Banjarnegara. Ornamen salak dan cendol pada motif ini dibuat menyerupai bentuk aslinya, yang kemudian divariasikan dengan susunan melingkar membentuk sebuah rongga ditengahnya, seperti pada prinsip radiasi dengan titik pusat yang digambarkan oleh ornamen cendhol pada bagian tengah, sehingga terlihat seperti ornamen yang membentuk bunga lengkap dengan cendol sebagai putiknya.

Ornamen-ornamen yang membentuk susunan bunga ini mempunyai jarak tertentu antara satu dan lainnya, yang akan kembali terulang dengan ornamen yang sama. Penggunaan warna yang digunakan pada motif ini adalah hitam, merah, dan putih. Dari isen-isennya, yang digunakan pada motif ini adalah berupa cecek yang berada didalam cendhol dan cacah gori digunakan sebagai kulit dari salak.

Source Batik Gumelem Tradisional Motif Cendhol Salak Batik
Comments
Loading...