Batik Gumelem Sentuhan Khas Budaya Banjarnegara

0 65

Batik Gumelem Sentuhan Khas Budaya Banjarnegara

Banjarnegara mulai dikenal masyarakat luas karena seni kerajinan batiknya. Banjarnegara saat ini sudah menjadi sentra penghasil batik di Indonesia. Pusatnya ada di desa Gumelem kecamatan Susukan, yang berbatasan dengan Banyumas. Batik Gumelem memang belum setenar dengan Batik Jogja, Solo, Pekalongan maupun Banyumas. Namun Batik Gumelem punya ciri khas asli batik tulis yang masih berdasarkan pakem. Batik Gumelem cenderung berwarna sogan (cokelat), hitam, dan kuning, serta bermotif bunga, kawung, dan parang.

Hingga kini belum ada penelitian khusus mengenai sejarah Batik Gumelem. Ada banyak versi yang mengisahkan perjuangan hidup Batik Gumelem. Sejarah Batik Gumelem juga terkait dengan sejarah Batik Banyumas yang berpusat di Sokaraja (abad ke-15). Sejak Perang Diponegoro tahun 1830, saat Pangeran Puger mengungsi ke Banyumas yang diikuti oleh para punggawa, budayawan, dan juga seniman. Seorang pengikut yang terkenal waktu itu adalah Najendra.

Beliau adalah yang mengembangkan batik celup Sokaraja. Di tempat baru tersebut, mereka mulai mengembangkan seni kerajinan batik dengan coraknya masing-masing. Salah satunya munculah Batik Gumelem. Masa keemasan Batik Gumelem mulai pudar seiring dengan lunturnya jaman kademangan yang merupakan tanah perdikan (bebas pajak) di bawah pengaruh Kasunanan Surakarta.Status dan wilayah Kademangan berubah karena Surakarta dilanda krisis politik dan pemerintahan (sekitar tahun 1965). Status kademangan Gumelem menjadi desa praja. Wilayah Gumelem dibagi dua menjadi Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon.

Keterkaitan dengan sejarah Batik Banyumas menjadikan Batik Gumelem punya kesamaan dengan Batik Banyumas. Seperti motif Kawung, di Gumelem menjadi Kawung Ceplokan, Jahe Serimpang, Godong Lumbu, Pring Sedapur dan sebagainya. Batik Gumelem juga tidak meninggalkan corak batik klasik Sidomukti dan Sidoluhur khas kraton. Saat ini ada sekitar 24 perajin batik asli Gumelem yang begitu tekun menjaga warisan budaya Nusantara. Sebagian besar ada di Dusun Dagaran, Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Banjarnegara.

Source http://rifkiadhis.blogspot.co.id/ http://rifkiadhis.blogspot.co.id/2012/10/batik-gumelem-sentuhan-khas-budaya.html#.WnO2yq6Wa1s
Comments
Loading...