Batik Gumelem Motif Tameng Projo

0 195

Batik Gumelem Motif Tameng Projo

Motif Tameng Projo ini mendapatkan inspirasi penciptaan dari keadaan Desa Gumelem yang dahulunya merupakan wilayah Kademangan, yang memilki barisan pertahanan sebagai bentuk pengamanan terhadap Kademangan. Salah satu peralatan yang dijadikan sebagai peralatan selain senjata adalah tameng. Tameng ini kemudian dihubungkan dengan pesan-pesan yang biasa disampaikan oleh orang tua kepada anakanya. Tentang pesan kepada generasi muda untuk dapat membentengi diri dari pengaruh-pengaruh yang tidak baik dari lingkungan maupun budaya luar, sama seperti kegunaan tameng yang sesungguhnya yaitu sebagai alat pelindung yang melengkapi persenjataan bagi seorang prajurit.

Pada Motif Tameng Projo ini, ornamen tameng digambarkan dengan bentuk belah ketupat yang diselingi ornamen lain dengan bentuk yang sama seperti pada ornamen tameng. Persamaan bentuk dari kedua ornamen ini membuat susunan diantara keduanya terlihat saling melengkapi. Kedua ornamen ini tersusun secara rapi, dengan jarak penempatan yang telah diperhitungkan agar terlihat adanya keteraturan dalam tata letaknya.

Isen-isen yang dipergunakan untuk menambah keindahan dari motif ini antara lain adalah mata deruk dan cecek. Warna dari motif ini sama pada kebanyakan motif-motif batik Gumelem yaitu hitam yang menggambarkan kekuatan pertahanan keamanan dari Kademangan Gumelem pada waktu itu, putih sebagai kontur pada ornemen, dan orange sebagai warna dari ornamennya.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...