Batik Gumelem Motif Sekar Tirta

0 197

Batik Gumelem Motif Sekar Tirta

Pembuatan Motif Sekar Tirta berdasarkan keadaan lingkungan dari Desa Gumelem yang mempunyai banyak perairan dengan ditumbuhi bunga teratai. Sekar berarti bunga sedangkan Tirta ini berati air. Jadi Sekar Tirta ini diartikan sebagai bunga yang tumbuh didaerah perairan. Seperti yang terdapat pada Motif Sekar Tirta ini, ornamen bunga yang dibuat merupakan jenis bunga teratai yang memang banyak tumbuh di perairan Desa Gumelem.

Batik ini masuk ke dalam golongan Batik Semen atau non geometris karena ornamennya terdiri dari tumbuhan dan tidak memiliki keteraturan seperti pada bidang geometris. Tetapi walaupun susunan dari motif ini lebih bebas jika dibandingkan dengan susunan geometris, ornamen tumbuhan ini tetap memperlihatkan keteraturan dari penempatan ornamennya, sehingga tetap terlihat rapi karena susunannya yang menggunakan prinsip selang-seling. Ornamen bunga teratai pada motif ini disusun bersamaan dengan dedaunan yang berada disekitar bunga air ini.

Dedaunan yang berada disekitar bunga teratai ini juga dibuat menyerupai susunan dari kelopak bunga, menyesuaikan dari ornamen bunga teratai. Titik-titk yang memenuhi latar kain ini merupakan cecek yang digambarkan sebagai air. Warna yang digunakan seperti pada kebanyaka motif lain yaitu hitam, merah, dan putih sebagai kontur pada ornamen. Isen-isen yang digunakan selain cecek antara lain cecek sawut daun yang artinya garis-garis menjari dan titik-titk, kemudian sawut.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...