Batik Gumelem Motif Sekar Gadung

0 203

Batik Gumelem Motif Sekar Gadung

Motif Sekar Gadung diambil dari tanaman gadung, yaitu sejenis tumbuhan yang masih tergolong tanaman umbi-umbian. Tanaman merambat ini sangat mudah tumbuh, dan biasanya tumbuh liar di pekarangan rumah. Karena daunnya yang cukup lebat, tanaman gadung ini juga sering difungsikan sebagai tanaman pagar oleh warga Gumelem. Selain dari fungsinya sebagai tanaman pagar, buah dari tanaman ini juga dapat diolah menjadi sebuah makanan yaitu keripik gadung. Bagian dari tanaman yang diambil sebagai Motif Sekar Gadung ini adalah pada daunnya, sedangkan pada ornamen bunga ditambahkan sebagai variasi dari motif ini.

Daun pada Motif Sekar Gadung ini digambarkan dengan bentuk daun gadung yang hampir menyerupai daun sesungguhnya, yaitu kecil, melebar, dan dilengkapi dengan urat-urat daun. Tetapi garis dan urat-urat daun yang digunakan dalam pembentukan daun gadung ini tidak dibuat sama seperti wujud dari daun aslinya, melainkan dengan bentuk garis bergelombang yang hampir menyerupai bidang segitiga, sedangkan urat-urat daunnya menggunakan bentuk ukel. Susunan dari ornamen daun gadung dan bunga pada motif ini adalah menggunakan prinsip selang-seling dari penempatan kedua ornamen tersebut. Rangkaian daun gadung ini membentuk segitiga dengan sedikit kemiringan ke arah kiri.

Jika dilihat dari persamaan bentuk pada Motif Sekar Gadung ini, antara ornamen daun gadung dengan susunan ornamen daun gadung disini sama-sama membentuk bidang segitiga. Isen-isen yang digunakan adalah ukel dan cecek yang terdapat pada daun gadung. Warna dari motif ini terlihat lebih terang dengan penggunaan perpaduan warna antara merah tua yang dijadikan sebagai latar kain, dengan merah muda pada daun gadung, dan putih sebagai warna kontur.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...