Batik Gumelem Motif Sekar Bumi

0 276

Batik Gumelem Motif Sekar Bumi

Motif Batik Sekar Bumi ini diciptakan berdasarkan keadaan dan situasi disekitar daerah Gumelem yang terdapat berbagai jenis batuan pada susunan tanahnya, terutama pada daerah-daerah yang memiliki ketinggian dengan bentuk yang berbukit-bukit seperti salah satunya pada bukit Girilangan. Selain itu, motif sekar bumi ini juga menceritakan kehidupan masyarakat Gumelem, yang bermata pencaharian sebagai pemecah batu dipinggiran sungai.

Motif ini memiliki susunan ornamen dengan bentuk belah ketupat yang dirangkai tanpa terputus dari keempat ujung sudut belah ketupat. Pada motif ini, susunan yang membentuk belah ketupat tidak digambarkan hanya dengan menggunakan garis lurus biasa, tetapi lebih divariasikan dengan bentuk yang bergerigi. Masing-masing dari petak yang berbentuk belah ketupat ini diisi dengan empat macam ornamen yang berbeda. Tetapi pada tempat-tempat tertentu, isi dari petakan-petakan yang berbentuk belah ketupat ini akan terisi lagi dengan ornamen yang sama, dan apabila diperhatikan letak petak-petak berisi ornamen sama ini akan membentuk pola yang sama lagi, yaitu belah ketupat. Terlihat berdasarkan susunan ini, maka motif Sekar Bumi menerapkan prinsip selang-seling yang digunakan dalam pengisian bidang belah ketupat. Dari penggunaan warna, masih sama dengan kebanyakan motif lain yaitu warna hitam dan merah sebagai latar dari masing-masing petak, serta warna putih sebagai kontur ornamen dan isen-isen.

Dari perpaduan warna dalam Motif Sekar Bumi ini, warna yang terlihat lebih menonjol adalah pada warna merah, karena warna ini sama-sama dipadukan dengan warna cerah yaitu putih, sehingga terkesan warna ini lebih menonjol dibandingkan perpaduan antara warna hitam dan putih. Pada isen-isen, yang digunakan untuk mengisi Motif Sekar Bumi ini adalah cecek dan sawut.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...