Batik Gumelem Motif Pare Anom

0 206

Batik Gumelem Motif Pare Anom

Motif Pare Anom menceritakan sebuah tumbuh-tumbuhan berupa sayurmayur, khususnya sayuran pare yang terkenal dengan rasanya yang pahit. Motif ini dibuat berdasarkan bahan sayuran yang biasanya digunakan sebagai konsumi untuk melengkapi makanan. Dalam Motif Pare Anom ini, terdapat ornamen biji-bijian yang merupakan biji dari sayur pare, biji-bijian ini digambarkan dengan bentuk yang lonjong seperti mlinjo. Ada juga ornamen dedaunan lengkap dengan tangkainya, ornamen ini menggambarkan tanaman pare yang tumbuh secara merambat.

Tangkai yang diserati dedaunan pada tanaman merambat ini digambarkan membentuk setengah lingkaran dan membebtuk ukelan diujung tangkai. Posisi dari ornamen tanaman pare ini disusun secara simetris menjadi berhadapan antara lengkungan yang menghadap keatas dan kebawah. Warna yang digunakan pada motif ini adalah dengan permainan dari warna coklat tua, coklat muda, hitam, dan putih. Warna coklat tua dipakai sebagai garis kontur pada ornamen, warna coklat muda dipakai dalam ornamen berbentuk sayur pare yang telah siap untuk diproses menjadi bahan konsumsi dan pare yang masih muda atau anom.

Bentuk ornamen pada pare antara yang sudah matang dan masih mudadigambarkan dengan bentuk yang sama, sedikit bergelombang seperti pada bentuk pare yang asli, tetapi ukuran keduanya berbeda, ada kecil dan ada yang besar. Selain ornamen pare dalam keadaan utuh, ada juga ornamen pare yang sudah menjadi potongan, letaknya berada didekat pare muda atau pare anom dan menempel pada tangkai, bentuknya setengah lingkaran dengan menyerupai kipas yang bergelombang. Isen-isen yang digunakan untuk menghiasi motif ini adalah cecek, sawut, cacah gori, dan cecek sawut. Dari penyusunan motif ini, baik dari ornamen maupun penempatannya, tidak terlepas dari bentuk garis lengkung dan setengah lingkaran. Keselarasan yang diwujudkan melalui komponen-komponen pembentuk motif ini menjadikannya lebih harmonis.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...