Batik Gumelem Motif Pakis Tanjung

0 271

Batik Gumelem Motif Pakis Tanjung

Motif Pakis Tanjung diambil dari jenis tumbuhan paku-pakuan yang sering ditemukan tumbuh di wilayah Gumelem terutama pada kondisi daerah yang lembab, karena tumbuhan ini hidupnya tergantung pada keberadaan air sebagai media bergeraknya. Pakis ini biasa tumbuh di daerah tebing perbukitan, di dalam kolam/danau, merayap pada batang pohon maupun batuan, serta sela-sela bangunan yang tidak terawat. Sedangkan nama tanjung diambil dari bunga pohon tanjung yang memiliki bau wangi, dengan harapan motif ini juga akan menjadi salah satu batik yang membuat harum nama batik “Tunjung Biru” Gumelem Banjarnegara.

Ditambahkannya bunga tanjung sebagai salah satu ornamen pada Motif Pakis Tanjung ini adalah sebagai variasi untuk mununjang keindahan dari Motif Pakis Tanjung. Bentuk ornamen pakis pada motif ini dibuat dengan ukel yang mirip dengan tumbuhan aslinya dan dilengkapi dengan isen-isen berupa ukel juga, tetapi ukurannya lebih kecil yang memenuhi bagian luar ornamen ukel besar. Susunan dari kedua ornamen ini memang tidak terlihat memiliki keteraturan pada penempatan ornamennya, dan cenderung sengaja dibuat dengan pola yang bebas serta berbeda arah.

Tetapi, walaupun terkesan ditempatkan secara bebas, susunan dari ornamen-ornamen ini tetap memberikan kesan yang harmonis, melalui bentuk ornamennya yang tidak kaku, sama-sama menggunakan garis-garis yang luwes pada pembentukan ornamennya, dengan tetap memperhatikan keserasian antara penempatan ornamen satu dan lainnya.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...