Batik Gumelem Motif Manggaran

0 407

Batik Gumelem Motif Manggaran

Nama Manggaran pada motif batik yang dibuat berasal dari kata manggar, yang merupakan bunga dari pohon kelapa yang digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan gula jawa. Manggaran dibuat menjadi Motif Batik Gumelem salah satunya adalah untuk menceritakan kehidupan dari masyarakat Gumelem berdasarkan mata pencaharian yang pada saat itu mereka tekuni sebelum munculnya industri batik yaitu sebagai pembuat gula kelapa. Motif Manggaran ini tersusun secara vertikal dari variasi ornamen, yang sekaligus dijadikan sebagai pembatas untuk ornamen manggar atau bunga kelapa.

Ornamen yang membentuk garis vertikal ini disusun berjejer dengan ornamen manggar atau bunga dari pohon kelapa. Manggar pada motif ini digambarkan sama seperti bunga kelapa aslinya, yaitu dengan bentuk memanjang dan terdapat butiranbutiran kecil banyak pada kedua sisinya, yang merupakan bunga dari pohon kelapa, serta penambahan variasi ornamen berbentuk bunga pada bagian tengah manggar. Ornamen yang membentuk garis vertikal ini juga merupakan susunan dari manggar yang digambarkan dalam ukuran lebih besar dengan bentuk setengah lingkaran yang dibuat secara simetris, tetapi tidak dilengkapi tangkai.

Pada bagian belakang terdapat deretan garis yang bergelombang, menggambarkan bunga seperti pada ornamen manggar yang dibuat lenkap dengan tangkainya. Dari penggunaan warna yang diberikan pada motif ini, ornamen manggar diwarnai sesuai dengan manggar yang sesungguhnya, yaitu krem kekuningan dengan perpaduan latar kain berwarna coklat, sehingga menjadi kombinasi warna yang serasi antara gelap dan terang. Dari isen-isennya, motif ini dihiasi dengan menggunakan cecek.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...