Batik Gumelem Klasik

0 248

Batik Gumelem Klasik

Batik klasik merupakan salah satu jenis batik yang diproduksi dari Industri Batik Tunjung Biru. Pada jenis Batik Klasik, batik ini mendapatkan pengaruh dari Keraton Mataram dan ada hubungannya juga dengan Motif Batik Banyumasan. Kekhasan dari Batik Gumelem terletak pada warna yang membedakan dengan batik daerah lain. Selain penggunaan warna-warna coklat dan putih seperti batik-batik wilayah keraton, Batik Gumelem juga mempunyai ciri khas warnanya sendiri yaitu hitam. Ciri khas dari batik Gumelem ini didukung juga oleh pernyataan Suryanto, yang menyampaikan Batik Gumelem mempunyai kekhasan warna-warna yang tajam dan blok warna hitam. Konon dasar warna yang menjadi ciri khas Batik Gumelem ini merupakan hasil dari kesepakatan oleh masyarakat setempat pada saat pemerintahan terdahulu.

Makna dari warna hitam yang menggambarkan kewibawaan, keberanian, kekuatan, ketenangan, percaya diri dan dominasi, sesuai dengan keadaan wilayah Kademangan Gumelem pada saat itu. Selain dari Motif Klasik yang dibawa dari Keraton Mataram , menurut masyarakat Gumelem, Batik Gumelem memiliki Motif Batik Klasiknya sendiri, diantaranya ada 5 motif yang diyakini sebagai motif Batik Klasik asli Gumelem yaitu Motif Cebong Kumpul, Pring Sedapur, Gajah Nguling, Semen Klewer, dan Keong Mas. Kelima Motif Klasik Gumelem ini juga terdapat di industri lain selain Tunjung Biru milik Suryanto. Setelah peneliti menganalisis kelima motif yang dinamakan sebagai Batik Klasik dari Gumelem ini, dengan didukung informasi yang didapatkan dari Suryanto sebagai pemilik industri Tunjung Biru sebagai narasumber utama, dijelaskan bahwa kelima motif ini adalah motif yang sudah menjadi turun-temurun masyarakat Desa Gumelem, sejak masa pemerintahan Kademangan.

Kelima motif batik yang disebut sebagai Motif Batik Klasik asli Gumelem oleh masyarakat. Jadi, pada dasarnya Batik Klasik yang ada di Gumelem ini hanya motif-motif yang dibawa oleh kerabat dari Keraton Mataram saja.

Source Batik Gumelem Klasik Batik
Comments
Loading...