infobatik.id

Batik Gumelem Klasik Motif Semen Klewer

0 70

Batik Gumelem Klasik Motif Semen Klewer

Batik Motif Semen Klewer merupakan motif dengan mengunakan ornamen-ornamen yang tersusun secara bebas, tetapi pada suatu jarak tertentu ornamen yang sama akan kembali berulang. Pemberian nama Semen Klewer memilik arti tersendiri dari masing-masing katanya. Menurut pendapat dari kebanyakan orang, kata “semen” diyakini berasal dari kata “semi” yang artinya “tumbuhnya bagian dari tanaman”. Pada setiap motif semen akan selalu terdapat ornamen yang menggambarkan tanaman atau tumbuh-tumbuhan. Sedangkan kata klewer ini diartikan sebagai menggantung atau bergelantung “kleweran”. Motif Semen Klewer sama dengan kebanyakan dari Motif Semen lainnya yaitu mempunyai ornamen tumbuhan yang digambarkan pada ornamen yang menggantung atau kleweran yang ujungnya dibuat seperti ukel. Selain ornamen tumbuhan, ada beberapa ornamen lainnya seperti ornamen garuda yang digambarkan dengan satu sayap tertutup, bentuk ini menggambarkan garuda yang memiliki sayap dilihat dari samping.

Batik bagian depan ornamen garuda, terdapat variasi ornamen yang diibaratkan sebagai badan dari burung garuda. Ornamen garuda ini sering disebut juga sebagai ciri khusus batik dari Indonesia. Ada juga Ornamen bangunan dengan bentuk yang digambarkan menyerupai rumah, dengan adanya lantai dan atap. Dari bagian-bagian ornamen yang terdapat dalam motif Batik Klasik Semen Klewer ini, bentuknya lebih didominasi dengan garis-garis yang dibuat lebih luwes, terlihat dari banyaknya garis lengkung yang digunakan sebagai dasar terbentuknya ornamen pada motif ini. Selain dari garisnya, kebanyakan dari ujung-ujung ornamen pada motif ini seperti ornamen tumbuhan dan ornamen bangunannya memiliki bentuk seperti ukel, tetapi agar terlihat adanya keseimbangan dari motif ini pada ornamen lain seperti pada burung garuda, garis yang membentuk sayapnya digambarkan dengan ujung-ujung yang meruncing, agar menimbulkan kesan yang kuat dari burung garuda.

Pada motif ini diberikan warna hitam, putih, dan biru. Warna biru mempunyai karakteristik yang tenang dan damai, melambangkan kedamaian dan kesucian harapan. Dengan mengkombinasikan antara ketiga warna ini, biru sebagai warna pengisi ornamen, putih sebagai garis yang memperjelas ornamen dan warna hitam sebagai latar kain batik, membuat ornamen pada Motif Semen Klewer ini menjadi lebih menonjol dengan perpaduan warna yang gelap dan terang. Warna gelap ditimbulkan dari warna hitam, sedangkan warna yang terang ditimbulkan dari warna biru dan warna putih yang digunakan sebagai kontur untuk lebih memperjelas ornamen pada motif ini. Dari isen-isen, yang digunakan dalam motif ini antara lain adalah cecek yang berarti titk-titik, sawut yang artinya bunga berlajur, cecek sawut yang artinya garis-garis dan titik, kemudian rambutan atau rawan yang bentuknya seperti rambut atau air rawa.

Source Batik Gumelem Klasik Motif Semen Klewer Batik
Comments
Loading...