Batik Gumelem Banjarnegara Krisis Penerus

0 109

Batik Gumelem Banjarnegara Krisis Penerus

Keberadaan Batik khas Banjarnegara di Desa Gumelem sepertinya masih kurang dilirik oleh para generasi muda. Terbukti, sampai saat ini pengusaha batik mengaku kesulitan untuk mencari tenaga kerja baru. Seperti yang dituturkan pengusaha batik asal Desa Gumelem Wetan Giat Saptorini.Ia mengaku khawatir perihal salah satu wariasan asli Banjarnegara tersebut. Dari jumlah karyawan yang ada, sebagaian besar sudah berusia lanjut. Saat ini mencari tenaga kerja untuk membantik di Desa Gumelem Wetan sangat susah.

Baik yang dari lingkungan sekitar tempat tinggal maupun dari desa-desa lain. Lebih jauh, dirinya berharap ada perhatian dari pemerintah kabupetn terkait minat membatik. Seperti menggiatkan pelatihan-pelatihan atau memberikan pemahaman kepada warga. Sebab, jika dibiarkan, lambat-laun batik khas Banjarnegara ini tidak ada yang meneruskan. “Kalau yang pelatihan sekali atau dua kali saja memang ada dari sekolah-sekolah. Tetapi, pelatihan bagi masyarakt untuk benar-benar serius menekuni batik memang belum ada,” ungkapnya. Tursinah, salah satu pembatik juga menuturkan hal serupa. Menurutnya, saat ini pembatik didominasi masyarakat yang sudah berusa lanjut.

Untuk membatik tidak perlu mempunyai keahlian khusus. Yang terpenting telaten saja. Karena setiap tahapan memang butuh proses yang cermat. Untuk menyelesaikan satu batik, Tursinah mengaku beragam. Jika rumit, kata dia bisa membutuhkan waktu satu bulan. “Tetapi masih disambi dengan pekerjaan lain. Terutama mengurus rumah seperti memasak, dan membersihkan rumah,” tambahnya. Perlu adanya peran Pemerintah setempat untuk membuat program pelatihan membatik diperuntungkan bagi generasi muda agar dapat terus melestarikan pembuatan batik di daerah ini.

Source Batik Gumelem Banjarnegara Krisis Penerus Batik
Comments
Loading...