Batik Grombyang Khas Pemalang

0 493

Batik Grombyang Khas Pemalang

Batik Grombyang merupakan batik khas yang berasal dari Kota Pemalang dan merupakan motif penemuan baru oleh seorang pemerhati  desain motif batik. Batik ini mudah dikenali dengan desain ada orang memikul angkringan dengan kekayaan alam sekitar berupa pohon kelapa. Juga berdesain penjual berpeci yang duduk di kursi kecil di dekat angkringan masakan Grombyang. Batik Grombyang memiliki delapan turunan dengan warna pilihan biru, coklat, kuning, dan hijau.

Keistimewaan batik khas Pemalang ini tidak kalah dengan batik daerah lainnya. Namun keindahannya Batik Pemalang belum sepopuler batik khas Pekalongan. Ada beberapa motif khas Pemalang yang sudah lama berkembang  adalah Motif Rama Cantel, Motif Sidamukti, Motif Cempakamulya, Motif Dlorong Limaran, Motif Kawung, Motif Gemek Setekem, Motif Kepedak, Motif Sawat Rante, dan Motif Parang Curiga. Dalam perkembangannya, saat ini industri Batik Pemalang mulai lebih dikenal dengan adanya motif batik yang unik  dan menarik yakni Batik Grombyang.

Motif Batik Grombyang ditemukan oleh seorang pemerhati perkembangan Batik Indonesia sekaligus pengrajin batik terkenal di Pemalang pada tahun 2011 bernama Fatwa Diana Widi, pemilik griya Batik Arta Kencana Kota Pemalang. Beliau terinspirasi dari makanan khas Pemalang Nasi Grombyang yang sangat terkenal. Makanan khas Grombyang banyak disukai dan sangat populer di masyarakat Kota Pemalang dan sekitarnya, diharapkan Batik Grombyang juga dicintai oleh warga masyarakat seperti sepopuler nasi Grombyang, yang akan mampu menaikkan pamor batik khas Pemalang sehingga keaaan Batik Pekalongan mulai dilirik berbagai kalangan.

Source https://btiktiara.wordpress.com/ https://btiktiara.wordpress.com/2013/02/28/batik-grombyang/
Comments
Loading...