Batik Grobogan

0 312

Batik Grobogan

Kabupaten Grobogan sekarang memiliki ikon produk lokal khas lain berupa batik tulis. Dulu Batik Grobogan sangat terkenal di eranya, sekitar tahun 1938. Batik Grobogan tempo dulu lebih condong bermotif Laseman. Lama menghilang, sekitar tahun 2010 dikembangkan lagi oleh Pemkab setempat.

Belum lama diperkenalkan, namun respon masyarakat terhadap kreasi Batik Grobogan sangatlah bagus. Kualitas produk kreasi Batik Grobogan tidak kalah dengan daerah lain seperti Solo, Pekalongan, maupun Jogja.

Motif batik Grobogan yaitu motif Bledug Kuwu, Kedung Ombo, Api abadi Mrapen, padi, bunga sepatu, ikan dan yang lainnya. Batik Grobogan juga diproduksi dengan bahan baku serta teknik pilihan. Pemilihan bahan baku menjadi sangat penting karena berkaitan erat dengan hasil dan kualitas akhir produknya. Batik terbuat dari kain pilihan, yaitu kain primisima serta pewarnaan pencelupan remasol.

Batik merupakan salah satu warisan budaya dunia yang harus dijaga dan dipertahankan, proses dalam pembuatannya mencerminkan ketelitian dan kesabaran, terutama batik tulis. Keindahan batik itu sendiri merupakan bagian seni penjiwaan yang membuatnya, tanaman merupakan ciri khas dari Batik Kabupaten Grobogan. Batik ini sudah dipakai banyak kalangan, dan digemari oleh masyarakat termasuk para pejabat dan PNS di lingkungan Pemkab setempat. Batik Grobogan perlu dilestarikan dan dipromosikan sekaligus memberdayakan pengrajin batik agar lebih maju, lebih kretaif, inovatif dan hasilnya bisa bersaing dengan batik-batik dari daerah lainnya.

Source Batik Grobogan Batik
Comments
Loading...